Berisi Informasi tentang Komunitas Tangan DiAtas

Kamis, 09 April 2020

Ternyata, Ini Usia Virus Corona di Benda Mati



Menurut WHO, virus Corona dapat menyebar melalui droplets alias percikan air liur yang keluar dari mulut, saat penderita batuk atau bersin. Hingga artikel ini ditulis, memang benar, belum ada penelitian yang menyatakan kalau virus ini bisa menyebar lewat udara. Tapi tahukah kamu, Virus Corona tetap bisa hidup di benda mati, dengan usia yang berbeda-beda. 

Supaya kamu gak salah, ini dia usia virus Corona di benda mati yang sering kita gunakan sehari-hari.
  • Plastik – 5 hari

Credit: Syed Hussaini on Unsplash
Gak salah lagi, plastik sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk tempat belanjaan, makanan, dan lain sebagainya. Ternyata, virus Corona bisa tetap hidup di benda berbahan plastik selama lima hari.
  • Sarung tangan medis – 8 jam
Credit: Clay Banks on Unsplash
Untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari resiko tertular penyakit, para tim medis akan menggunakan sarung tangan karet selama berada di dekat pasien. Butuh waktu selama 8 jam supaya virus yang menempel pada sarung tangan bisa segera mati.

  • Kertas – 4 – 5 hari
Credit: Kelly Sikkema on Unsplash

Virus Corona mampu bertahan hidup di kertas selama 4-5 hari. Kalau kamu beli kertas dari luar yang belum bisa dipastikan steril atau tidaknya dari virus, kamu bisa tunggu selama 4 hingga 5 hari sebelum digunakan.

  • Kayu, kaca, tembaga 4 hari

Hampir mirip dengan usia virus Corona pada benda mati kertas, virus mampu hidup di kayu, kaca, dan tembaga selama empat hari. Cukup lama, ya. Tapi ingat, demi keamanan diri, kamu bisa tunggu selama 4 hari sebelum menggunakan benda-benda tersebut, ya.

  • Besi – 48 jam

Credit: Journie Crenshaw on Unsplash
Kalau menempel pada besi, virus Corona akan mati dalam waktu 48 jam alias dua hari. Jauhkan diri dari resiko tertular virus Corona, sebelum menggunakan besi yang ada di luar, coba tunggu dua hari dari kamu menerima besinya.

  • Karton/kardus – 24 jam

Credit: Kelli McClintock on Unsplash
Selama pandemi Corona, kita diminta untuk tinggal di rumah. Berbelanja online bisa jadi solusi untuk tidak belanja keluar. Untuk barang-barang yang dikirim menggunakan karton atau kardus, kamu bisa tunggu selama 24 jam sebelum menyentuh barang tersebut secara langsung.

Nah, itulah beberapa usianya. Jadi, ingat usia-usia virus Corona di benda mati yang udah dibagikan di atas, supaya kamu tahu kapan boleh memegangnya kalau benda tersebut kamu dapat dari luar rumah, ya. Jaga kesehatan lingkungan dan diri sendiri, jangan lupa sering-sering mencuci tangan dengan bersih.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Komunitas Tangan DiAtas

TDA Surabaya

TDA Malang

Total Tayangan Halaman