Berisi Informasi tentang Komunitas Tangan DiAtas

Kamis, 29 Agustus 2019

Review dari Ibu Tri Widayanti owner dari Fabil Skincare Tentang business process management



Ini namanya business process management.

Semakin besar bisnismu maka kamu perlu tata kelola. Karena owner gag hanya ngurusin tentang marketing doang, tapi harus tau management people, money, and operational.



Kebayang kalau kita gag punya tata kelola, admin2 kita melakukan sesuatu tanpa standart yang jelas. Apalagi kita ngajarin cuma sekilas2 tanpa ada pegangan.

Coba perbaiki pelan pelan bisnis proses kita, agar lebih transparansi. Agar lebih teratur dan menghindari kesalahan2 yg gag perlu.

Jika marketing sudah beres, belajarlah bisnis proses. Karena kekacauan bisnis kita tidak semata mata disebabkan oleh sepinya orderan. Banyak kok yg orderannya laris manis tapi bangkrut juga.

Karena bisnis proses kita tidak transparansi.

Owner mikir hal hal kayak gini, jangan mikirin jualan terus. Sistemkan aktivitas jualan kita. Sehingga tidak ketergantungan dengan owner terus.

Alhamdulillah dulu saya megang full marketing. Sekarang enggak lagi. Walaupun masih ada porsi saya. Tapi gag full lagi seperti dulu.

Mungkin temen2 yg di Facebook beli produk fabil awalnya karena kenal saya. Karena personal branding saya.

Di instagram, yang beli produk kami, mereka tidak mengenal siapa ownernya. Jadi bener2 kami menggarap tier 3 dan tier 4.

Masalah2 kayak gini loh yang harusnya jadi konsentrasi owner. Gimana kita bisa menjalankan 4 kaki sekaligus. Dari marketing, operasional, keuangan, dan manusia.

Ada salah satu yg kacau, pasti kacau juga bisnis kita.

Kerahkan pikiran kita untuk hal hal stategis seperti ini, bukan pada hal hal teknis. Karena hal teknis bisa didelegasikan.

Owner harus mau belajar. Kalau gag mau belajar, maka bisnis kita akan berhenti untuk bertumbuh.

Berubahlah atau kita akan kalah.

If you don't change you die!
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Komunitas Tangan DiAtas

TDA Surabaya

TDA Malang

Total Tayangan Halaman